Tahun Baru Imlek 2017

January 25, 2017 10:14 pm

Menurut penanggalan Tionghoa, tahun baru Imlek 2568 menandai dimulainya tahun Ayam. Perayaan tahun baru Imlek dirayakan di hari pertama bulan pertama dan diakhiri dengan perayaan Cap Go Meh pada tanggal ke-15 bulan purnama. Imlek, atau biasa disebut Sin Cia, tak jauh berbeda dengan tahun baru Masehi ataupun tahun baru Hijriyah; yaitu tradisi pergantian tahun. Seluruh orang beretnis Tionghoa merayakannya, apapun agamanya.

Perayaan Imlek sendiri mulai terkenal sejak zaman Dinasti Xia, kemudian menyebar ke penjuru dunia oleh perantau dari negeri China. Beberapa negara seperti Korea, Jepang, Filipina, Brunei, Malaysia, Singapura, termasuk Indonesia pun ikut merayakan tradisi pergantian tahun asal ini. Perayaan Imlek di Indonesia dikenal sebagai identitas budaya Tionghoa.

Di Indonesia sendiri dalam merayakan tahun baru Imlek tentunya memiliki tradisi masing-masing yang unik. Apalagi sejak zaman pemerintahan Abdurahman Wahid diberlakukan kebijakan menghormati pluralisme, pernak-pernik Imlek banyak dan mudah kita jumpai ketika mendekati perayaan tahun baru Imlek.

Tradisi yang biasa dilakukan saat merayakan Imlek yaitu mulai dari membersihkan rumah yang dianggap bisa menyapu bersih kemalangan pada tahun lalu dan siap untuk menyambut nasib baik di tahun baru ini. Kemudian nuansa merah yaitu dengan menghias rumah, pakaian, aksesoris dengan berwarna merah yang dipercaya dapat mengusir roh jahat yang hendak datang ke rumah. Setelah itu menyiapkan hidangan seperti jeruk dan kue keranjang yang biasa menjadi ciri khas perayaan Imlek dan tentunya untuk menyambut sanak saudara atau tetangga lain yang berkunjung ke rumah.

Ketika sedang berkumpul dengan keluarga maupun saudara, tentunya yang paling ditunggu-tunggu adalah pembagian angpao; yaitu pembagian uang oleh mereka yang sudah menikah kepada anak-anak dan orang yang masih lajang. Tradisi pembagian angpao ini dipercaya dapat memperlancar rejeki di kemudian hari. Kemudian tradisi yang paling meriah adalah pertunjukan kembang api yang setiap tahun memeriahkan perayaan Imlek. Tradisi ini juga dipercaya dapat membuat makhluk jahat ketakutan.

Apakah Anda merayakan Imlek? Bagaimana Anda merayakannya?